Header Ads

Pasar Game Indonesia Mulai Dilirik Dunia pada Awal Tahun 2023!

 


Mengawali tahun 2023, nampaknya pasar Indonesia khususnya di industri game nampaknya bisa berbahagia. Pasalnya banyak kabar positif yang menaikkan citra dari industri game di Indonesia. Beberapa waktu lalu akhirnya game A Space for the Unbound resmi dirilis. Game yang dikembangkan dari tahun 2015 tersebut diliris untuk platform PC, PlayStation, Xbox, dan Nintendo Switch. Yang paling membanggakan, game ini mendapatkan review positif dari seluruh gamer seluruh dunia. 

Tentu ini merupakan kabar baik. Selain A Space for the Unbound ada satu game lagi yang menaikkan citra Indonesia. Memang bukan dari game asal Indonesia namun game Spongebob: Cosmic Shake tersedia subtitle Indonesia dan Dubbing Indonesia. 


Ya, kalian tidak salah dengar. Spongebob: Cosmic shake bukan hanya menghadirkan subtitle Indonesia namun bersamaan dengan Dubbing versi Bahasa Indonesianya juga. Bahkan pengisi suara untuk Bahasa Indonesia diisi oleh Ade Bibier Kurniawan yang selalu kita dengar ketika diputar di Global TV. Bahkan untuk Patrick, Squidward, Mr. Krabs, dan karakter lainnya diisi oleh dubber yang sama. 

Ini adalah bukti nyata jika bahwa pasar Indonesia kian dilihat oleh developer game terkenal. Sebelumnya bahkan game seperti One Piece: Oddysey dan Doraemon Story of Season: Friends of Great Kingdom memiliki subtitle Bahasa Indonesia. 

Berbicara mulai diliriknya pasar Indonesia sebenarnya memang sudah dimulai sejak game Dreadout yang memang banyak digemari oleh gamer dari seluruh dunia. Seri Dreadout bahkan disukai oleh YouTuber terkenal yaitu Pewdiepie. Bukan hanya pasar Indonesia yang berkembang, melainkan developer gamenya pun mengalami hal yang serupa 

Dengan ini juga kita bisa mengetahui bahwa kedepannya industri dan pasar game di Indonesia bisa berkembang lebih jauh lagi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.