Header Ads

Cara Mengatasi iPhone Tidak Bisa Disentuh


Sama halnya dengan ponsel android, beberapa hal terkadang menjadi penyebab layar sentuh iPhone tidak responsif alias tidak bisa disentuh. Padahal pada sebuah perangkat layar sentuh, hal tersebut sangat krusial untuk mengakses perangkat. Akhirnya, cara mengatasi iPhone tidak bisa disentuh menjadi informasi yang sangat dicari.

Bagi Anda yang juga sedang mencari informasi tersebut karena ingin masalah iPhone segera teratasi tanpa perlu ke tempat service, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan informasi lengkapnya untuk Anda. Jadi simak dan cek informasinya!

Cara Mengatasi iPhone Tidak Bisa Disentuh


Lakukan soft reset

Soft reset bisa dilakukan dengan cara menekan tombol home dan power bersamaan kurang lebih selama 10 detik. Cara mengatasi iPhone tidak bisa disentuh dengan soft reset sebagai berikut :

  • Pertama – tama yang Anda harus lakukan adalah tekan tombol home dan juga tombol power secara bersamaan.
  • Jika Anda sudah menekannya, tahan sekitar kurang lebih 10 detik
  • Setelah itu jika layar iPhone berwarna hitam dalam beberapa saat, Anda bisa lepaskan tangan yang sedang menekan dua tombol tersebut
  • Setelahnya nanti akan muncul logo Apple yang muncul di bagian layar perangkatnya. Hal ini merupakan proses restart iPhone yang benar dan tunggu saja sampai selesai
  • Kalau sudah selesai, Anda sentuh layar iPhone tersebut.

Kalibrasikan baterai iPhone Anda

Kalibrasi baterai iPhone dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki software pada perangkat yang menjadi penyebab touchscreen iPhone menjadi tidak berfungsi. Oleh sebab itu kalibrasi baterai perlu dilakukan.

Cara melakukan kalibrasi baterainya sebagai berikut :

  • Pertama – tama jika daya baterai di iPhone masih ada, habiskan dulu sampai baterainya menunjukkan 0%
  • Kemudian offkan iPhone Anda dan diamkan kurang lebih 3 jam
  • Charge iPhone sampai penuh 100%
  • Kalau sudah penuh sampai 100% jangan Anda cabut, tunggu saja sekitar 2 jam
  • Setelah 2 jam, kemudian cabut dan baru nyalakan kembali iPhone Anda
  • Lakukan kembali cara pertama sampai dengan ke lima yang sudah disebutkan barusan
  • Kalau sudah mengulanginya, coba kembali sentuh layar iPhone Anda
  • Pasti berhasil!

Namun Anda perlu catat bahwa cara ini memang butuh waktu yang agak lama sehingga tentu Anda wajib bersabar dalam menunggu prosesnya.

Lepaskan screen protectornya

Jika Anda memasang screen protector tambahan pada iPhone, maka lepaskan dulu karena screen protector tambahan juga bisa menjadi penyebab layar sentuhnya bermasalah atau tidak bisa disentuh.

Setelah screen protector Anda lepas dari layar, bersihkan layar iPhone dengan menggunakan kain yang halus. Kemudian jika memang ingin memasang kembali pastikan agar Anda memilih screen protector yang tipis namun kuat agar layarnya tidak sulit menerima sentuhan. Cari juga yang kualitasnya mumpuni untuk perangkat Anda.

Buka kabel koneksi layar perangkat, kemudian pasang kembali

Touchscreen yang tak bisa digeser atau berfungsi bisa juga disebabkan karena koneksi layarnya yang sudah kendur. Untuk mengatasi masalah ini, yang harus Anda lakukan adalah bongkar bagian layarnya. Jika Anda tidak tahu cara membongkarnya bagaimana dan takut salah, Anda bisa nonton tutorial YouTube atau bahkan meminta bantuan teman.

Bawa ke tempat service

Jika semua cara di atas sudah Anda lakukan namun iPhone Anda layar sentuhnya masih tak bisa disentuh dan dioperasikan, maka solusi terakhir yang Anda bisa lakukan adalah bawa iPhone Anda ke tempat service perangkat iPhone resmi.

Dengan begitu Anda bisa mendapatkan solusinya apakah memang perangkat layarnya yang bermasalah, kabelnya lepas atau karena masalah lainnya. Itulah cara mengatasi iPhone tidak bisa disentuh yang bisa Anda praktekkan, selamat mencoba dan semoga mendapatkan hasil terbaik dengan tips trik di atas!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.